Jumat, 06 Januari 2012

EXPORTDATA dalam Oracle 10g


A. EXPORT DATA

Pengertian export data disini adalah suatu proses memberikan atau menyerahkan tabel beserta datanya dari satu schema ke schema lainnya di dalam suatu database. Export data sendiri berguna untuk mem-backup data terhadap hal-hal yang tidak terduga seperti laptop hilang, database rusak atau hilang, dsb.

Tools yang digunakan dalam pembuatan tutorial ini adalah Oracle 10g. Sebelumnya di dalam database sudah terdapat schema atau user yang berisi data dan akan dipindah/ dibackup) yaitu schema dpabd.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka cmd/command prompt di komputer/laptop anda kemudian masuk ke partisi dimana anda akan meletakkan data yang akan diexport ini . Contoh disini adalah menggunakan partisi D:\Semester 5>.

2. Setelah itu ketikkan exp untuk memulai proses selanjutnya

Lalu masukkan username dan password schema yang akan diexport.

3. Lalu akan muncul suatu perintah array fetch buffer size atau ukuran yang pas untuk data tersebut. Disarankan mematuhi perintah yang sudah ditentukan oleh sistem karena itu sudah termasuk cukup baik atau cocok.

4. Lalu ketikkan nama file yang akan diexport tersebut. Contoh disini adalah backup_dpabd.dmp

5. Akan ada pilihan yang diberikan oleh sistem yaitu : 1. Entire database(semua data yang terdapat di semua schema), 2. User(data yang terdapat hanya di user yang kita pilih), 3. Tables(hanya tabel saja). Disarankan mematuhi perintah yang sudah ditentukan oleh sistem karena itu sudah termasuk cukup baik atau cocok.

6. Akan terdapat pilihan lagi dan lagi-lagi disarankan mematuhi perintah yang sudah ditentukan oleh sistem karena itu sudah termasuk cukup baik atau cocok.

7. Kemudian ketikkan lagi nama schema yang akan diexport.

Dan akan muncul lagi perintah ...(RETURN TO QUIT), anda tinggal enter saja.

8. Akan terlihat proses exporting data seperti dibawah ini,


9. Exporting berhasil. ^_^

** Bukti di dalam partisi

IMPORT DATA, be the next yaa...

1 komentar: